Using Git in Command Line




Pada course kali ini kita akan mulai menggunakan git melalui comman line terlebih dahulu. Alasan utamanya adalah supaya anda bisa lebih memahami esensi dari Git, kemudian bahwasanya nanti Pycharm saat menggunakan Git sesungguhnya sekedar membuat Anda tidak melakukan input manual perintah-perintah Git. Dan itu memudahakan meski hakikatnya sesungguhnya dia sekedar membantu kita menjalankan perintah Git dengan interface yang lebih menarik saja.

Ok.. pertama kita mulai dengan menginstall Git, secara default sepertinya Git sudah ada di banyak distribusi Linux, namun jika tidak Anda bisa menginstall dengan perintah berikut:

sudo apt-get install git

Kemudian Anda harus menginstall kunci private dan public ssh yang merupakan penanda bahwasanya hanya Anda yang bisa melakukan perubahan kode repository yang di simpan entah di Bitbucket maupun GitHub.

Perhantikan bahwasanya GIt merupakan standar komunikasi cara menyimpan kode program dan GIthub serta Bitbucket mengimplementasikan protokol Git, sehingga Anda memplejari GIt akan bisa menyimpan data baik di github  maupun bitbucket.

Terlebih dahulu kita mulai menciptakan kunci ssh kita, jalankan perintah berikut di terminal Anda:

ssh-keygen

Enter saja semuanya semua pemberitahuannya

Screenshot from 2017-09-07 15-27-01.png

Setelah ter insall kemudian kita lihat isinya directorynya, kalau saya di:

/root/.ssh/

Screenshot from 2017-09-07 15-31-16.png

Seperti terlihat di terminal saya tercipta 2 file, id_rsa dan id_rsa.pub. 2 file ini adalah.. yang memiliki extensi .pub merupakan public key, sedangkan yang tanpa .pub adalah private key. Sehingga jika nanti Anda diminta pada bitbucket atau github diminta untuk mengupload public key maka id_rsa.pub lah yang akan Anda upload.

Ok.. setelah Anda menciptakan 2 file diatas, file pub isinya harus di upload ke github atau bitbucket , untuk kali ini saya akan menunjukkan cara menggunakan github terlebuh dahulu.

Pertama buka situs githubScreenshot from 2017-09-07 15-39-35.png

Silahkan daftar terlebih dahulu kemudian login, dan kemudian Anda harus mengupload file pub diaatas ke dalam github, caranya:

Pertama klik settingScreenshot from 2017-09-07 15-44-40.png

Kemudian klik SHH and GPG KeysScreenshot from 2017-09-07 15-46-39.png

New SSH KeyScreenshot from 2017-09-07 15-48-24.png

Kemudian isi title bebas sesuka Anda, kemudian pada kolom key, copy kan id_rsa.pub yang sebelumnya telah dibuat ke dalam kolom tersebut. Lihat id rsa nya di /root/.ssh

cat /root/.rsa/id_rsa.pub

Screenshot from 2017-09-13 14-25-00.png

Setelah semua di copy kemudian klik Add SSH Key, dan kemudian Kita akan diminta untuk memasukan password akun GitHub untuk konfirmasi.

Setelah itu Anda kemudian perlu menciptakan sebuah repository disini, pada ikon tanda plus di kanan atas, pilih new repository

Screenshot from 2017-09-13 14-28-43.png

Pada Repository name Anda bebas dalam menamainya, namun saya disini membuatnya dengan belajar-git-lagi, pada kolom deskripsi Anda juga bebas dalam memberikan deskripsi atau keterangan untuk repository tersebut.

Dan di bawahnya ada Public dan Private, kalau Public Anda bisa menggunakannya dengan gratis, dan kalau Private Anda bisa membayarnya $7 perbulan.

Pada Initiazile this repository with a README centang saja supaya ada file README.md yang dibuatkan GitHub untuk Anda supaya saat repository dibuka audien bisa membaca tentang repository Anda.

Dan pada Add .gitignore, Kita menggunakan Python, .ginigonore adalah daftar pola-pola file yang tidak akan disimpan ke dalam repository, contoh jika Anda menggunakan Python, file-file .py kadang-kadang di kompilasi menjadi pyc. Jadi Anda tidak perlu menyimpan itu karena itu file binary yang akan diciptakan setiap kali program di eksekusi. Maka kita memilih .gitignore tipe nya Python.

Dan pada License silahkan Anda bebas memilihnya, tapi disini saya memilihnya dengan GNU.

Setelah semua data diisi kemudian klik Create repository.

Screenshot from 2017-09-13 14-32-13.png

Dan ini adalah repository yang telah kita buat.

readme.png

Isi nya kosong, dan pada bagian yang di markup di atas adalah isi dari file README.md.

Setelah Anda melakukan semua ini, Anda perlu meng clone atau download. Clone adalah menciptakan atau mendownload reopsitory GitHub dari Git pusat ke lokal.

Screenshot from 2017-09-13 14-49-32.png

Klik Clone or Download kemudian copy URL nya. Dan disana ada 2 pilihan opsi downloadnya, ada SSH dan HTTPS. Jika Anda menggunakan SSH dan di sistem Anda file id_rsa dan id_rsa.pub sudah Anda upload ke github saat melakukan perintah clone dan sebagainya, sistem tidak akan bertanya tentang username dan password Anda, namun jika Anda menggunakan HTTP setiap kali Anda melakukan proses-proses di Git sistem akan bertanya username dan pasword, dan itu sangat melelahkan. Karena itu Kita membuat atau menciptakan file SSH dulu.

Setelah di copy url pada SSH diatas, buka terminal Anda, dan masukan ke directory dimana Anda ingin menyimpan file tersebut kemudian jalankan perintah berikut:

git clone alamat_url

dalam kasus ini saya

git clone https://github.com/trinanda/belajar-git-lagi.git

Screenshot from 2017-09-13 14-59-17.png

Dia akan membuat sebuah directory baru sesuai dengan nama repository di GitHub, masuk ke dalam directory baru tersebut

Screenshot from 2017-09-13 15-01-58.png

Setelah Kita masuk ke dalam directory tersebut, dan ketika Kita mencoba untuk melihat semua isi file di dalam directory tersebut, maka akan ada file README.md dan LICENSE seperti yang terlihat pada repository di GitHub tadi. Dan juga ada beberapa file yang tersembunyi (yang tanda titik diawal nama file), ada file .gitignore dan ada directory .git, directory .git ini jangan di hapus karena itu diperlukan oleh Git. Hanya kemungkinan nanti yang akan Kita ubah adalah .gitignore.

Ok Anda sudah bisa menciptakan private public key, membuat repository dan melaukan clone, next nya Kita akan melihat bagaimana cara menyimpan kode ke GitHub.

Contoh yang pertama Kita lihat dulu isi dari file README.md, saya akan mengubahnya dengan editor dari terminal:

Saya ubah sesuatu misalnya:

Screenshot from 2017-09-13 15-19-55.png

Kemudian simpan file tersebut. Dan kemudian perintah git yang selanjutnya penting adalah:

git status

jalankan perintah tersebut pada terminal Anda

Screenshot from 2017-09-13 15-22-40.png

Seperti yang terlihat di atas, sistem menunjukkan adalah file yang berubah, yaitu file README.md.

Anda bisa mengetahui perubahannya apa dengan perintah:

# git diff nama_file

# dalam kasus ini adalah file README.md

git diff README.md

# atau jika ingin mengetahui semua file yang berubah cukup dengan:

git diff

Screenshot from 2017-09-13 15-26-31.png

Tanda plus seperti yang terlihat diatas adalah konten yang Kita tambahkan.

Kemudian jika Anda ingin menyimpan ini ke dalam situs GitHub yang Anda miliki pertama Anda harus memberi file-file yang akan Anda simpan, dalam kasus ini kita akan menyimpan file README.md, maka jalankan perintah berikut:

git add README.md

Screenshot from 2017-09-13 15-30-13.png

Kemudian coba lagi jalankan perintah  git status

Screenshot from 2017-09-13 15-31-31.png

Maka file README.md yang tadi nya merah yang artinya belum akan di simpan ke GitHub, file tersebut sudah menjadi warna hijau yang artinya sudah akan Anda simpan ke GitHub.

Jika Anda siap untuk melakukan penyimpanan, lakukan perintah commit:

git commit -am'tes git commit'

Screenshot from 2017-09-13 15-35-11.png

Dan Kita coba lagi lihat perubahannya dengan menjalankan git status

Screenshot from 2017-09-13 15-36-09.png

Disana terlihat ‘Sistem Anda sudah bersih, artinya perubahan yang Anda lakukan terhadap kode Anda sudah akan disimpan ke GitHub, sehingga sistem meberitahu tidak ada yang berubah. Namun jika Anda melakukan perubahan lagi, sebagai contoh Kita coba untuk merubah file README.md lagi

Screenshot from 2017-09-13 15-42-55.png

Setelah file tersebut di simpan, kalau Kita mencoba lagi untuk menjalankan perintah git status, maka file yan kita ubah akan bewarna merah lagi, dia akan memberitahukan bahwa ada perubahan, dan jika kita mencoba untuk melihat isi perubahannya dengan git diff akan diperlihatkan lagi perubahan yang telah Kita ubah.

Untuk menyimpan perubahan maka jalankan lagi perintah:

git add README.md

atau jika Anda ingin menyimpan semua perubahan, cukup jalankan perintah:

git add .

Dan jika kita coba lagi untuk menjalankan git status maka file yang Kita ubah tersebut akan berubah lagi menjadi warna hijau.

Dan kemudian kita commit:

git commit -am'tambahkan info commit'

Dan jika kita lihat lagi statusnya, maka file tersebut sudah siap untuk dikirim ke GitHub.

Kemudian Kita melakukan penyimpanan ke GitHub dengan perintah:

git push

Screenshot from 2017-09-13 15-52-45.png

push mengirim perubahan ke server, seperti yang terlihat di atas, file berhasil di simpan ke dalam tempat yang disebut dengan master. Dan sekarang Kita coba lihat dulu perubahannya pada GitHub

Screenshot from 2017-09-13 15-55-37.png

Seperti yang terlihat diatas, data yang Kita ubah tadu sudah berada pada repository yang telah Kita buat sebelumnya.

Menariknya lagi jika Anda lihat di situs ini ada perintah Create new file, dan juga Anda bisa me edit filenya langsung.

Screenshot from 2017-09-13 15-58-45.png

Kita coba untuk merubah langsung file README.md langsung dari GitHub

Screenshot from 2017-09-13 16-02-31.png

OK coba kita edit

Screenshot from 2017-09-13 17-08-07.png

Pada Commit changes diatas adalah seperti commit dengan menggunakan git commit -am pada terminal.

Dan Commit directly to the master branc. master adalah revisi Anda disimpan ke dalam branch, akan ada banyak branch, intinya master adalah perubahan utama disitu. Setelah diubah file yang ingin diubah kemudian Commit changes.

Nah.. hal yang menarik jika Anda kembali ke terminal, kalau Anda melakukan perintah git status dia akan mengatakan bahwasanya branch mu yang saat ini di lokal sudah up to date dengan posisi di pusat. Kemudian jika kita ingin menampilkan daftar perubahan Kita bisa melihat nya dengan menjalankan perintah:

git log

Screenshot from 2017-09-13 17-14-10.png

Nah.. jika Anda ingin mendapatkan versi terkini dari kode Anda, mungkin Anda berpikir (Buat apa versi terkini bukankah Saya yang mengerjakan semua) namun itu terjadi jika Anda bekerja sendiri. Namun jika ada beberapa orang yang bekerja maka Anda perlu melakukan perintah untuk menarik perubahan terkini, yaitu perintah:

git pull

Screenshot from 2017-09-13 17-20-21.png

Lihat di atas, ada kata-kata 1 file berubah, 1 penambahan dan 2 penghapusan. Dan sekarang kita coba lihat lagi log nya

Perhatikan pada log sebelumnya, log terkahir adalah ‘tambahkan info commit’

Screenshot from 2017-09-13 17-21-52.png

Dan sekarang perubahan terakhirnya adalah’ merubah dari website’.

Jika kita lihat pada GitHub Kita merubah judul ‘belajar-git-lagi’ menjadi ‘Belajar-git-lagi’ yang mana Kita hanya mengubah huruf kapital pada huruf B, Dan juga kita menghapus beberapa baris yang kosong.

Dan ketika kita mencoba melihat perubahan tersebut pada terminal yang mana perubahan terakhir telah Kita tarik, maka file lokal kita juga akan berubah juga, Anda bisa mengecek nya dengan membuka file README.md.

Screenshot from 2017-09-13 17-27-58.png

Kita lihat diatas perubahannya sesuai dengan yang Anda lakukan di situs.

 

Nah.. ini adalah menunjukkan bagaimana perubahan-perubahan dilakukan. Dengan perintah-perintah standar ini Anda sudah bisa bekerja dengan  git di command line, dan itu sudah mencukupi, meskipun sesungguh masih ada banyak, tentu semua perintah git bisa dilakukan di command line, namun itu mungkin agak merepotkan. Selanjutnya Kita akan menggunakan Pycharm untuk melakukan perintah-perintah git dan jamin Anda akan senang karena mudah sekali.

Ok.. Terima kasih..