Pengenalan CodeIgniter, Instalasi dan Konfigurasi




Halo.. pada bagian ini Kita akan berkenalan dengan CodeIgniter 🙂
Apasih CodeIgniter atau yang biasa disingkat dengan CI itu..? OK.. jadi CodeIgniter itu adalah sebuah framework yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Lalu framework itu apa sih..?

* Framework

Framework adalah kumpulan intruksi-intruksi yang dikumpulkan didalam Class atau Function masing-masing untuk memudahkan developers dalam pemanggilannya tanpa harus menuliskan syntax yang sama secara berulang-ulang. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu.

CodeIgniter merupakan framework opensource dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). MVC adalah teknik konsep yang memisahkan komponen utama menjadi 3 komponen:

  1. Model
    Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database.
  2. View
    View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user.
  3. Controller
    Controller merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan Model dan View, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung. Controller memanggil intruksi dari Model untuk mengambil data pada database, kemudian Controller meneruskan View untuk ditampilkan.

Instalasi CodeIgniter

  1. Pertama download dulu CodeIgniter disini
  2. Extract hasil download tersebut
  3. Kemudian rename nama folder dari hasil extract tersebut, anda bisa me rename nya dengan nama apapun, tapi untuk mempermudahnya jika baru belajar, rename saja dengan nama “codeigniter” (hilangkan tanda kutipnya“).
  4. Kemudian untuk user Linux (abaikan ini jika Anda menggunakan Windows), copy kan folder tersebut ke dalam directory /var/www/html.
    Screenshot from 2017-09-29 08-09-15.png

    Tapi jika Anda adalah pengguna Windows, Copy kan folder tersebut ke dalam folder htdocs yang mana folder tersebut berada pada directory XAMPP.
  5. Kemudian masuk ke dalam folder codeigniter>application>config lalu open file config.php cari kode berikut:
    $config['base_url'] = '';
    
    # Kemudian masukan dengan alamat localhost Anda
    
    $config['base_url'] = 'http://localhost/codeigniter';
  6. Selanjutnya, jalankan service apache Anda, untuk Linux User bisa menjalankan perintah berikut pada terminal:
    /etc/init.d/apache2 start

    Sedangkan bagi pengguna Windows, Anda bisa membuka XAMPP dan start apache.

  7. Kemudian buka browser Anda, dan ketikan alamat url localhost yang telah Anda buat sebelumnya.Screenshot from 2017-09-29 08-24-38.png
    OK.. Anda telah selesai melakukan konfigurasi pada CodeIgniter Anda, Pada lesson selanjutnya Kita akan mencoba untuk menjalan program yang sederhana.